Nama : Novia Dewi Siti Nurhaliza
Nim : 20180301219
Nim : 20180301219
Buatlah:
1. kerangka konsep
2. variabel
3. definisi operasional
Kerangka Konsep
Kerangka konsep penelitian ini di susun berdasarkan landasan teori maupun konsep yang sudah di uraikan.
Vaiabel bebas (indenpenden) dalam penelitian ini adalah karakteristik siswa-siswi SDN 06 Pagi kelas 3-5 yaitu : usia, jenis kelamin dan tingkat kelas , variabel terikat (Dependen) adalah prilaku hidup bersih dan sehat (PHBS).
Definisi Operasional
Variabel Independen
no
|
Variabel
|
Sub
Variabel
|
Definisi
operasional
|
Cara
Ukur
|
Alat
Ukur
|
Hasil
Ukur
|
Skala
Ukur
| |
I
|
Variabel
|
independen
| ||||||
1
|
Data Demografi
|
umur
|
lama waktu hidup responden mulai dari lahir sampai penelitian ini di lakukan
|
Responden menjawab lembar kuesioner
|
kuesioner
|
.. tahun
|
Nominal
| |
2
|
Jenis kelamin
|
Karakteristik seksual/gender yang dimiliki oleh responden dan dibagi menjadi laki-laki dan perempuan
|
Responden menjawab lembar kuesioner
|
kuesioner
|
1.laki-laki
2.perempuan
|
ordinal
| ||
3
|
Tingkat kelas
|
Level atau tingkatan jenjang pendidikan di sekolah dasar (SD)
|
Responden menjawab lembar kuesioner
|
kuesioner
|
1.kelas 3
2.kelas 5
|
ordinal
| ||
Variabel Dependen
no
|
Variabel
|
Sub
Variabel
|
Definisi
operasional
|
Cara
Ukur
|
Alat
Ukur
|
Hasil
Ukur
|
Skala
Ukur
|
1
|
PHBS
|
Kebesihan Diri
|
Prilaku/sifat siswa yang mencerminkan hidup sehat dan bersih seperti kebersihan gigi,mandi dan berpakaian
|
Mengisi kueisoner kebersihan diri sebanyak 6 soal
|
Kuesioner dengan jawaban ya=2 dan tidak= 1
|
1.kurang baik skor < 6
2.Baik,skor ≥ 7
|
ordinal
|
2
|
Mencuci tangan dengan air mengalir dan menggunakan sabun
|
Prilaku siswa dalam melakukan cuci tangan sebelum dan sesudah makan menggunakan sabun
|
Mengisi kuesioner mencuci tangan sebanyak 6 soal
|
Kuesioner dengan jawaban ya=2 dan tidak= 1
|
1.kurang baik skor < 6
2.Baik,skor ≥ 7
|
ordinal
| |
3
|
Mengkomsumsi jajanan yang sehat
|
Prilaku/sifat siswa dalam makan 3 kali sehari dengan kebutuhan nutrisi dengan isi piringku , makanan terbungkus yang dan tidak mengandung pewarna tesktil
|
Mengisi kuesioner jajanan sehat sebanyak 7 soal
|
Kuesioner dengan jawaban ya=2 dan tidak= 1
|
1.kurang baik skor <7 2.Baik,skor ≥ 8
|
ordinal
| |
Menggunakan jamban yang bersih dan sehat
|
Kebiasaan siswa dalam menggunakan jamban/toilet/WC yang nyaman seperti tidak berbau tidak licin dan tidak kotor/bersih saat menggunakannya
|
Mengisi kuesioner menggunakan jamban yang bersih dan sehat sebanyak 6 soal
|
Kuesioner dengan jawaban ya=2 dan tidak= 1
|
1.kurang baik skor <7 2.Baik,skor ≥ 8
|
Ordinal
| ||
Olahraga yang teratur dan terukur
|
Kebiasaan dan kepatuhan siswa dalam berolahraga baik disekolah maupun di rumah
|
Mengisi kuesioner olahraga sebanyak 5 soal
|
Kuesioner dengan jawaban ya=2 dan tidak= 1
|
1.kurang baik skor <5
2.Baik,skor ≥ 6
|
ordinal
| ||
Memberantas jentik nyamuk
|
Prilaku/sifat siswa dalam kebersihan untuk mengurangi sarang nyamuk seperti baju kotor yang di gantung
|
Mengisi kuesioner membrantas jentik nyamuk sebanyak 4 soal
|
Kuesioner dengan jawaban ya=2 dan tidak= 1
|
1.kurang baik skor < 4
2.Baik,skor ≥ 5
|
ordinal
| ||
Membuang sampah pada tempatnya
|
Prilaku siswa membuang sisa makanannya ke tempat sampah
|
Mengisi kuesioner membuang sampah sembanyak 7 soal
|
Kuesioner dengan jawaban ya=2 dan tidak= 1
|
1.kurang baik skor <7
2.Baik,skor ≥ 8
|
Ordinal
|
Komentar
Posting Komentar